Waspada Rabies Saat Musim Kemarau, Warga di Minta Vaksin Hewan Peliharaan

oleh -165 views

PALOPO | KAREBANEWS. com – Dinas Kesehatan Kota Palopo menghimbau masyarakat, agar waspada terhadap serangan anjing yang dapat menyebabkan rabies.

Rabies menjadi salah satu penyakit yang harus di waspadai pada musim kemarau seperti saat ini. Berdasarkan data Dinas Kesehatan palopo, sejak Januari Hingga Agustus terdapat 50 kasus rabies.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit , Juita Talibe mengatakan, virus rabies terdapat pada air liur anjing dan biasanya ditularkan melalui gigitan. Berangkat dari hal tersebut, dirinya menghimbau agar masyarakat waspada serangan anjing saat musim kemarau.

” Masyarakat Kota Palopo kita harapkan tidak membiarkan anak – anak kebanyakan bermain diluar rumah, cakaran serta jilatan pada kulit yang terluka sangat berbahaya, ” Jelas Juita.

Juita Talibe menambahkan, rabies adalah jenis penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat. Hal ini akan berdampak pada kematian pada semua jenis hewan berdarah panas, termasuk pada manusia.

” Vaksin untuk penyakit ini sangat mahal dan tidak dijual di apotik, hanya ada di Dinas Kesehatan. Orang yang terkena penyakit ini harus di vaksin sebanyak 4 kali dan vaksin diberikan secara gratis, ” Pungkasnya.

Pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, dihimbau untuk membawa peliharaanya ke Dinas Peternakan untuk di berikan vaksin. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyakit rabies saat musim kemarau.

(Fandi)

Tinggalkan Balasan