,

Wali Kota Solo dan Jajaran Cukur Gundul Sebagai Bentuk Tolak Bala

oleh -35 views

SOLO|KAREBANEWS.com- Ada yang unik dari cara pemerintah Kota Solo untuk mencegah wabah corona meluas. Wali Kota dan jajaran kepala dinas mencukur gundul rambutnya sebagai bentuk tolak bala.

Cukur gundul yang dilakukan pemerintah Kota Solo ini di lakukan di halaman rumah dinas Loji Gandrung, Rabu (25/03/20).

“Hal ini di ikuti kepala dinas, kepala bagian, kepala badan, kecuali ibu-ibu. Saya juga menunggu anggota DPRD ikut kesini,” kata F.X. Hadi Rudyatmo.

F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan berbagai langkah memang harus ditempuh untuk menangani wabah atau dalam bahasa Jawa disebut pagebluk, salah satunya dengan cukur gundul ini.

“Dengan ikhtiar, berdoa dan lainnya. Tujuan utamanya bagaimana mewujudkan masyarakat Solo terbebas dari virus Corona,” ucapnya.

Rudy tidak mempersoalkan jika ada yang tidak percaya dengan cara yang dilakoni. Cukur gundul ini dianggap sebagai bentuk ikhtiar menolak bala.

“Boleh percaya boleh tidak, saya juga punya Tuhan sendiri. Namanya ikhtiar berbagai hal kita lakukan sepanjang tidak merugikan orang lain,” pungkasnya.

Sebelum melakukan cukur gundul ini, Rudy telah menetapkan Solo berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB). Sekolah diliburkan, menutup tempat hiburan dan wisata, melakukan penyemprotan serta sosialisasi social distancing ke berbagai tempat.

(One) 

Tinggalkan Balasan