Gelar Unjuk Rasa, Warga Minta PT.BMS Transparan

oleh -431 views

LUWU | KAREBANEWS. com – Warga Desa Bukit Harapan dan Karang – Karangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu melakukan aksi unjuk rasa didepan pintu masuk PT. Bumi Mineral Sulawesi (BMS), Senin (25/11) pagi.

Aksi tersebut diwarnai pembakaran ban bekas oleh Warga yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Bukaka. Mereka menuntut PT. BMS untuk transparan, membuka dengan detail pembangunan yang akan dilakukan. Diantaranya, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET), Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan rekruitmen tenaga kerja.

Jendral Lapangan Faisal Jufri mengatakan, hingga hari ini belum ada kejelasan yang detail tentang SUTET, serta tenaga kerja yang ada dalam PT BMS tidak mengakomodir Desa Bukit Harapan dan Karang – Karangan.

“Banyak tenaga kerja yang hanya direkrut dari luar, padahal pihak BMS dan kedua desa ini sudah ada kesepakatan jika segala aktivitas yang mereka lakukan akan dibuka kepada pemerintah desa. Namun itu sama sekali tidak dilakukan,” Tutur Faisal.

Pembangunan yang dilakukan PT. BMS akan berdampak besar terhadap daerah ini, utamanya daerah Karang – karangan.

“Ekosistem laut akan terancam di perairan Karang – karangan jika BMS beroperasi melalui pabrik smelter, biota laut akan rusak dan berdampak pada kehidupan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan,” Pungkasnya.

Aksi tersebut, mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian Polsek Bua dan Pihak TNI. Usai berorasi para pengunjuk rasa melanjutkan aksinya di Kantor DPRD Luwu.

(One)

One thought on “Gelar Unjuk Rasa, Warga Minta PT.BMS Transparan

Tinggalkan Balasan