Suarakan Pemekaran Luwu Tengah, Aliansi Wija To Luwu Tutup Jl. Trans Sulawesi

oleh -471 views

LUWU | KAREBANEWS. com – Aliansi Wija To Luwu kembali melakukan aksi unjuk rasa, di Kec. Walenrang, Kab. Luwu, Kamis (14/11).

Aksi tersebut merupakan aksi lanjutan, terkait pemekaran Luwu Tengah yang sudah sejak lama diperjuangkan. Bahkan pada tahun 2013, telah memakan korban jiwa dan dikenal dengan tragedi Walmas Berdarah.

Koordinator Lapangan (Korlap) Muhammad Ilham mengatakan, aksi yang dilakukan mahasiswa masih dengan tuntutan yang sama yaitu, mendesak pemerintah mencabut Moratorium DOB pemekaran Luwu Tengah.

” Gerakan ini adalah gerakan continue, bukan aksi momentum tapi murni dari keresahan masyarakat yang telah puluhan tahun berjuang,” Jelas Ilham.

Gerakan ini juga sebagai bentuk kekecewaan atas diskriminasi pusat , terhadap wilayah Luwu Tengah.

” Luwu Tengah lebih dahulu mengusulkan dari pada Papua Selatan, tapi pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri memilih Papua Selatan dimekarkan, ” Pungkasnya.

Selain membakar ban bekas, pengunjuk rasa juga menutup akses jalan Trans Sulawesi menggunakan mobil truk . Akibatnya jalur lalu lintas lumpuh total kurang lebih 4 kilometer, sejak pukul 14.00 Wita. Hingga berita ini diterbitkan, peserta aksi masih menutup akses jalan.

(Murad)

Tinggalkan Balasan