Sidang Putusan DKPP RI Terkait Dugaan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu Lutra Masih Menunggu Jadwal

oleh -250 views

KAREBANEWS – Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum Republik Indonesia (DKPP RI) telah digelar pada Senin (14/12/2020), dengan agenda mendengarkan pokok pengaduan dari pengadu, mendengarkan jawaban teradu, dan mendengarkan keterangan saksi ini dipimpin Ketua Majelis Didik Suprianto, S.IP, M.IP (anggota DKPP).

Ketua DPD Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (BAIN HAM RI) Lutra Faisal Tanjung mengatakan, pihaknya sudah mengirim hasil kesimpulan sidang ke DKPP RI.

“Kami sudah mengirim hasil kesimpulan sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu ke DKPP RI,” ujar Faisal, via WhatsApp Selasa (22/12/2020).

“Dari empat poin hasil kesimpulan pada sidang DKPP RI ini satu diantaranya yaitu bahwa seluruh Komisioner KPU Lutra telah melanggar prinsip kode etik penyelenggara pemilu, tentang azas keterbukaan karena tidak memberikan informasi, apalagi dokumen publik berkaitan dengan tahapan, khususnya di tahapan pencalonan sebagaimana dialami pengadu dan Germas Lutra”.

“Untuk sidang selanjutnya, kita masih menunggu jadwal,” pungkas Faisal Tanjung.

(NA)

Tinggalkan Balasan