Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan Yang Ke 57, Lapas Palopo Gelar Razia Blok Warga Binaan

oleh -88 views

KAREBANEWS – Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) yang ke 57, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palopo melaksanakan razia (penggeledahan) blok hunian warga binaan, Selasa (06/04/2021) malam.

Kalapas Kelas II A Palopo, Indra Sofyan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Lapas di Indonesia.

“Berdasarkan instruksi Ditjen Pemasyarakatan, bahwa tanggal 6 April ini kami Lapas di seluruh Indonesia melaksanakan razia atau penggeledahan serentak, yang dibantu oleh Aparat Penegak Hukum (APH),” jelas Indra Sofyan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meminimalisir barang terlarang, yang bisa memicu situasi yang todak diinginkan.

“Penggeledahan ini bertujuan untuk meminimalisir benda-benda terlarang yang nantinya akan memicu situasi yang tidak diinginkan,” lanjutnya.

Dalam razia yang dilakukan di Blok Narkoba, yakni Blok A dan E, ada beberapa temuan dalam penggeledahan tersebut, seperti kartu remi, pisau cutter, gunting, kabel, sendok, batu dan batangan besi.
Sementara tak ada temuan narkoba dan lainnya yang menjadi target pada razia itu.

“Tentunya, barang hasil sidak ini selanjutnya akan kami sita sebagai bentuk teguran sekaligus efek jera bagi para penghuni lainnya,” pungkas Indra Sofyan.

Pada kegiatan penggeledahan ini, Lapas Palopo menurunkan 50 personil Polisi Khusus Lapas (Polsuspas), yang dipimpin langsung Kalapas Palopo Indra Sofyan.

Sementara dari pihak Kepolisian, Polres Palopo melibatkan 24 personilnya, yang dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Sanodding.

Dengan dilibatkannya Aparat Penegak Hukum (APH) dalam razia ini, adalah bentuk sinergitas antara Lapas Palopo dan Polres Palopo.

(NA)

Tinggalkan Balasan