Revisi UU KPK Disahkan, Aksi Protes Masyarakat Terus Berlanjut

oleh -291 views

PALOPO | KAREBANEWS. com – Pengesahan Revisi Undang – Undang KPK No. 30 Tahun 2002, Selasa (17/09/19) lalu menuai protes keras dari elemen masyarakat.

Mereka menilai bahwa apa yang telah dilakukan DPR dalam mengesahkan tujuh point Revisi undang undang KPK adalah mutlak pelemahan atas lembaga anti rasua tersebut.

“Ini adalah pelemahan lembaga KPK dalam menjalankan kinerjanya, karena salah satu point dalam revisi tersebut akan ada dewan pengawas yang di bentuk oleh Pemerintah dan DPR yang akan menjadi garis komando dalam melakukan tugas – tugas KPK sebagai lembaga anti rasua” Tutur Murad, Jumat (20/9/19).

Jebolan Institut Agama Islam Negari (IAIN) Palopo ini berpendapat, revisi undang – undang tersebut akan menghilangkan kekuatan juga melemahkan independensi KPK yang seharusnya tetap terjaga.

” Independensi dalam tubuh Komisi Pemberantasan Korupsi harus tetap terjaga, itu adalah harga mati, ” Tegas Murad.

Lebih jauh Murad menganggap, bahwa pemerintah dan DPR sangat terburu – buru dalam mengesahkan revisi UU tersebut. Padahal Presiden punyak waktu 60 hari untuk merespon usulan inisiatif DPR.

” Bulan Oktober nanti akan berlangsung pelantikan anggota DPR dan Presiden terpilih, revisi ini seolah – olah dikebut untuk kepentingan politik, ” Pungkasnya.

(One)

Tinggalkan Balasan