Polisi Amankan Ribuan Liter Solar Subsidi, 1 Pemilik Masih Misteri

oleh -172 views

PALOPO|KAREBANEWS.com – Dugaan penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM), jenis solar di Kota Palopo, Sulawesi-Selatan perlahan mulai terkuak.

Hal ini terbukti setelah 55 jerigen berisi solar diamankan di 3 lokasi berbeda, sekitar pukul 16.00 Wita, Rabu (4/11).

Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP. Ardy Yusuf mengatakan, penangkapan bermula saat satgas pangan Polres Palopo melakukan patroli.

“29 jerigen ditemukan di jl. Sawerigading dan pemiliknya tidak diketahui. Setelah dibawa ke Polres Palopo, AW (55) warga Kel. Batupasi mengaku sebagai pemiliknya,” Terang Ardy Yusuf.

Tak jauh dari lokasi pertama, polisi kembali menemukan 15 jerigen solar bersama dengan pengepul di belakang bengkel.

“Pemiliknya IR (40) seorang ibu rumah tangga di Kel.Batupasi, Kec. Wara Timur. IR diamankan bersama barang bukti berkat informasi warga,” Tuturnya.

Setelah patroli di lanjutkan, 11 jerigen kembali ditemukan dibelakang sebuah ruko dalam semak – semak. Sementara pemiliknya belum diketahui.

Ardy Yusuf menambahkan, terkait temuan solar pihaknya akan melakukan pendalaman dan penyelidikan lebih lanjut, mengingat di wilayah tersebut banyak nelayan.

“Jika itu milik nelayan, maka kami tunggu suratnya. Namun jika benar ada penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar, maka pelakunya akan kita tindak tegas,” Pungkasnya.

Dalam Undang – Undang No. 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi, pada pasal 55 disebutkan, setiap orang yang menyalahgunakan pengangkutan atau Niaga Bahan Bakar Minyak yang di subsidi pemerintah, di pidana paling lama 6 Tahun penjara dengan denda paling tinggi Rp. 60.000.000.000,00 (enam puluh miliar rupiah).

(One) 

Tinggalkan Balasan