,

PMI Palopo Apresiasi TNI-POLRI Gelar Donor Darah Saat Wabah Corona

oleh -155 views

PALOPO|KAREBANEWS.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palopo, memberikan apresiasi tinggi kepada institusi TNI-Polri yang telah melakukan aksi donor darah ditengah merebaknya wabah virus corona. 

“Aksi donor darah yang dilakukan dengan sukarela oleh kedua institusi ini menjadi penyelamat dari ancaman krisis kekurangan stok darah yang terjadi di seluruh PMI secara nasional,” tutur Ketua PMI Palopo Haidir Basir, Jumat (17/4/20).

Dalam empat bulan terakhir, wabah virus corona telah membuat agenda donor darah yang telah dijadwalkan secara reguler tidak berjalan sesuai rencana.

“Relawan pendonor merasa terkecam oleh pandemi virus dan membatasi diri untuk keluar rumah. Akibatnya, seluruh unit transfusi darah PMI secara nasional mengalami krisis persediaan stok darah hingga dibawah 50 persen,” jelas Hadir.

Jika kondisi ini berlangsung lama akan menjadi bencana kemanusiaan, dimana PMI tidak mampu lagi memberikan pelayanan darah sesuai permintaan pasien yang membutuhkan darah setiap saat.

“Terkhusus untuk jajaran Kodim 1403 Sawerigading dan Polres Palopo, segenap pengurus dan relawan PMI Kota Palopo memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih setinggi-tingginya atas inisiasi dengan penuh kesadaran menggelar aksi donor darah, di masing-masing markasnya,”ucap Haidir Basir.

Diketahui, aksi donor darah digelar 15 April 2020 oleh Kodim 1403 SWG dan pada tanggal 16 April 2020 dilakukan di Mapolres Palopo.

Selain telah menunjukkan konsistensinya menindaklanjuti perjanjian kerjasama dengan PMI Palopo, kedua institusi ini telah membuktikan kepeduliannya akan misi kemanusiaan di tengah wabah virus corona.

“Kita berharap langkah kemanusiaan yang dilakukan TNI dan Polri ini dapat menginspirasi dan diikuti oleh instansi dan lembaga lainnya, sehingga krisis stok darah dapat diatasi,” pungkasnya.

PMI Palopo terus berkomitmen memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam situasi darurat kesehatan, menyusul ditetapkannya status Covid-19 sebagai bencana nasional oleh Presiden Republik Indonesia.

(One) 

Tinggalkan Balasan