Perlakuan KPU Luwu Utara Terhadap Salah Satu Paslon Dianggap Menyimpang

oleh -981 views

KAREBANEWS.COM- Terkait pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara, yang memberikan perlakuan khusus kepada salah satu paslon disoroti salah aktifis di Luwu Utara.

Hal ini dianggap menyimpang dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam PKPU NO. 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan / atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Dan PKPU NO. 9 Tahun 2020 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan / atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Serta, PKPU NO. 10 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan / atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara, telah mencederai proses Demokrasi yang bermartabat dan rasa keadilan masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Luwu Utara Tahun 2020,”jelas M. Akbar, Kamis (17/09/20).

Untuk itu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara, sebagai penyelenggara yang memiliki kewenangan Pengawasan dan Penindakan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum sudah sepatutnya menyikapi persoalan yang mencederai Demokrasi.

“Tindakan KPU Kabupaten Luwu Utara secara nyata telah menyimpang dari ketentuan aturan yang telah ada dan merupakan sebuah perbuatan melawan hukum, sebab tindakannya tidak memiliki pijakan hukum yang berlaku atau tindakan diluar dari ketentuan aturan yang ada,”pungkas Akbar.

(NA)

Tinggalkan Balasan