Pengelolah HIV AIDS Kota Palopo, Temukan 58 Kasus Dari Berbagai Daerah

oleh -187 views

PALOPO | KAREBANEWS. com – Penyakit HIV AIDS hingga saat ini masih menjadi momok yang menakutkan dan perlu kesadaran masyarakat untuk memeranginya.

Pada tahun 2017 dan 2018 kasus HIV AIDS yang ditemukan sebanyak 72 kasus. Nominal tersebut, berasal dari berbagai daerah yang melakukan pemeriksaan di Kota Palopo.

Pengelola HIV AIDS Kota Palopo, Sitti Ashlihah, SKM, MPH mengatakan, pada tahun 2019 terdapat 58 kasus yang ditemukan.

” Hingga bulan Agustus tercatat 58 kasus dan di dominasi oleh Lelaki Seks Lelaki (LSL), ” Terang Ashlihah saat dikonfirmasi Via Telphone, Kamis (26/9/19) malam.

Ashlihah menghimbau kepada masyarakat untuk memeriksakan diri, agar mengetahui status kesehatan diri masing – masing, baik di Puskesmas maupun rumah sakit.

” Kita memiliki alat pemeriksaan HIV AIDS disetiap puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Palopo, masyarakat tidak perlu khawatir karena ini gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun, ” Pungkasnya.

Diketahui, dari 58 kasus yang telah ditemukan, 60 persen masuk dalam stadium S dalam artian komplikasi. Hal ini disinyalir akibat keterlambatan penanganan karena kurangnya kesadaran untuk memeriksakan diri.

(One)

Tinggalkan Balasan