Pemerintah Siapkan Sanksi Bagi Pengusaha yang Tidak Bayar THR

oleh -205 views

KAREBANEWS.com- Pemerintah telah menyiapkan sanksi kepada para pengusaha yang tidak membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan.

Kementerian Ketenagakerjaan diketahui tetap mewajibkan kepada para pengusaha untuk membayarkan THR ditengah pandemi Covid-19. 

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah akan memberikan sanksi kepada pengusaha yang tidak membayar THR.

Namun demikian terdapat kelonggaran yang diberikan kepada pengusaha melalui surat edaran Menaker nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang pelaksanaan pemberian THR keagamaan tahun 2020 di Perusahaan dalam masa pandemi virus Corona (COVID-19).

Ada sanksi buat pengusaha yang tidak membayar sama sekali, sesuai ketentuan perundang-undangan, secara administrasi, tetap ada dendanya,terang Ida dilansir dari lama detik.com, Sabtu (09/05/20).

Apabila ada perusahaan yang tidak sanggup membayar THR, maka ada keringanan dalam pembayaran. Namun perusahaan dan karyawan harus berdialog untuk menghasilkan solusi.

“Ada banyak pertanyaan, bagaimana kalau kondisi pengusaha tidak mempu membayar? Maka solusinya harus dialog secara terbuka antara pengusaha dan pekerja. Pengusaha harus membuka secara transparan kondisi keuangan internal perusahaan,” jelas Ida Fauziyah.

Ida meminta agar pelaksanaan pemberian THR keagamaan tahun 2020 efektif dan berharap setiap gubernur membentuk pos komando (Posko) THR keagamaan tahun 2020 di masing – masing provinsi dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Penularan virus corona.

Pemerintah daerah provinsi diharapkan menyampaikan surat edaran tersebut kepada Bupati, Wali Kota serta pemangku kepentingan di wilayah masing-masing.

“Dalam penyusunan surat edaran ini, Kemenaker telah beberapa kali berdialog dengan para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan juga serikat pekerja/serikat buruh,” pungkas Ida Fauziyah.

(One) 

Tinggalkan Balasan