Masih Jadi Tanda Tanya, Surat KPU RI yang Jadi Acuan Pleno KPU Luwu Utara

oleh -373 views

KAREBANEWS.COM- KPU Luwu Utara, telah menetapkan pasangan Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS) sebagai peserta dalam Pilkada 2020.

Pada hari yang sama, dilakukan penyerahan salinan keputusan penetapan ke Liaison Officer (LO) paslon AKAS dan diumumkan di laman website KPU Luwu Utara.

Saat tim karebanews.com, menanyakan tentang hasil pemeriksaan kesehatan semua paslon dan hasil pleno pemberian kesempatan kepada salah satu bakal calon bupati beberapa waktu lalu, Hayu Vandhy mengatakan hal ini tak bisa di publish.

“Dokumennya tidak bisa di publish, bahkan ke bawaslu sesuai PKPU pencalonan, cuma berita acara hasil yang dimasukkan kesimpulannya, apakah memenuhi syarat atau tidak, dan terlampir di berita acara penetapan hasil”jelas Hayu saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Diketahui, pemberian kesempatan kedua pemeriksaan kesehatan tersebut, ditetapkan melalui pleno yang mengacu kepada surat KPU RI yang ditujukan kepada KPU Provinsi Sulsel.

Hal ganjil juga terjadi pada penetapan pasangan calon dari tiga kandidat yang akan bertarung di Luwu Utara.

Dimana hanya berita acara penetapan paslon AKAS yang dipublish di web. Sementara dua paslon lainnya tidak di posting. Saat ditanya apakah hal tersebut bisa diperlihatkan, Hayu menjawab dengan singkat.

“Tidak dipublish itu, hanya nomornya ji,” tegas Hayu.

Jawaban ini cukup menggelitik hingga tim karebanews.com kembali bertanya “Bukannya harusnya dilampirkan bersama hasil keputusan ya pak?”.

Hayu justru berdalih dan meminta untuk mencari pertanyaan yang lain saja.

“Cari pertanyaan yg lain ya sudah terjawab di atas,” pungkasnya.

Sebelumnya, BAIN HAM RI Kabupaten Luwu Utara mengajukan surat ke KPU Lutra perihal permintaan keterbukaan transparansi publik, bernomor : 001/DPD/BAIN-HAM RI/2020, tertanggal 28 September 2020.

(NA) 

Tinggalkan Balasan