Jumlah Pasien Virus Corona di Indonesia Terus Bertambah

oleh -115 views
Corona Virus

KAREBANEWS. com- Jumlah pasien virus corona di Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Hari ini Indonesia mendekati angka 2000 orang.

Pada Jumat (03/04/20) pasien baru bertambah sebanyak 196 orang, secara keseluruhan jumlah kasus positif di Indonesia mencapai 1986 pasien.

Data tersebut berdasarkan update terbaru gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Sementara itu jumlah pasien yang tengah menjalani perawatan sebanyak 1.671 orang. Sedangkan 134 pasien dinyatakan berhasil sembuh. Per3 April 2020 terdapat 181 pasien meninggal dunia.

Case Fatality Rate (CFR) atau rasio kematian pasien di Indonesia saat ini menjadi 9,11 persen. Hingga hari ini kasus positif Covid-19 sudah menyebar di 32 provinsi. Penambahan kasus ini terus bertambah di sejumlah provinsi, terutama DKI Jakarta sebanyak 971 kasus positif, angka kematian 90 jiwa dan sembuh 52 orang.

Empat provinsi lainnya yang masuk dalam daftar 5 besar adalah Jawa Barat (225 kasus, 25 meninggal, 12 sembuh), Banten 170 kasus, 14 meninggal, 7 sembuh), Jawa Timur (155 kasus, 11 meninggal, 25 sembuh.

Di kawasan luar Jawa, provinsi Sulawesi Selatan menjadi daerah dengan jumlah kasus 80 pasien positif. Lima diantaranya meninggal dunia dan 4 sembuh.

Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan berdasarkan data yang masuk, kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan proses penularan masih berlangsung.

Oleh sebab itu, ia menghimbau agar masyarakat terus melakukan upaya-upaya pencegahan penularan corona. Seperti menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun dan melakukan aktifitas produktif di rumah.

“Pertimbangkan kembali kalau mau keluar kemanapun, tempat paling aman saat ini berada di rumah,” terang Yurianto dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB hari ini.

“Mari lindungi orang tua dan orang yang punya penyakit kronis, karena mereka yang paling rentan dengan penyakit ini,” Lanjut Yurianto.

Sampai hati ini pemeriksaan untuk mengecek penularan virus corona di Indonesia telah dilakukan terhadap 7.400 orang. Pemeriksaan untuk melacak pasien positif akan terus dilakukan guna memutus rantai penularan.

Pemerintah akan segera menambah fasilitas penguji untuk pemeriksaan kasus Covid-19 yang saat ini baru ada 48 labolatorium. Dalam waktu dekat pemerintah akan mengaktifkan fasilitas-fasilitas diagnosa untuk penyakit TBC menjadi sarana pemeriksaan kasus Covid-19.

“Secara teknologi bisa dipakai untuk pemeriksaan Covid-19. Ini jumlahnya cukup banyak, namun perlu ada konversi dari segi mesin dan setting,”tambahnya.

(One) 

Tinggalkan Balasan