Gelaran Mattompang Akan di Helat Malam ini di Lantai 2 SCC Palopo

oleh -393 views

PALOPO | KAREBANEWS. com – Gelaran Mattompang akan dihelat malam ini, di penutupan Pameran Pusaka Festival Keraton Nusantara, sekitar pkl. 20.00 Wita, di lantai 2 Saodanrae Convention Center, Jumat (13/9/19).

Koordinator benda pusaka, Ady Salolipu mengatakan, selain untuk edukasi acara ini dilakukan untuk membangkitkan kembali sprit dan kecintaan terhadap senjata pusaka.

” Ini adalah identitas dan warisan dari leluhur kita, terlebih selama pameran antusias pengunjung luar biasa. Dalam jangka 3 hari, terdapat 1.500 lebih pengunjung, ” Terang Ady.

Ady Salolipu menambahkan, Mattompang merupakan tradisi bersih – bersih senjata pusaka dengan jeruk nipis atau sejenisnya.

” Bilah pusaka ditetesi dengan perasan jeruk nipis untuk mengangkat korosi atau karat dengan cara mengusapnya hingga bersih, ” Pungkasnya.

Diketahui mattompang juga dilakukan dengan tujuan yang lain, sesuai dengan tradisi. Diantaranya, Mattompang Arajang, Mattompang malam satu syuro dan hajatan lainnya sesuai dengan tradisi dan kebiasaan yang berlaku disetiap daerah yang menjalankannya.

(One)

Tinggalkan Balasan