Gelar Aksi Bela Uighur, KAMMI Luwu Raya Desak Pemerintah Indonesia Bersikap Tegas

oleh -110 views

PALOPO|KAREBANEWS.com- Aksi bela Uighur dilakukan kader Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Luwu Raya, KAMMI IAIN Palopo, KAMMI Hasan Al Banna Univ. Cokroaminoto Palopo serta beberapa masyarakat, di perempatan lampu merah Lap. Gaspa, Jumat (27/12).

Korlap aksi mengatakan poin aksi bela Uighur yaitu menginformasikan kepada seluruh masyarakat Palopo, tentang penindasan pemerintah china terhadap muslim Uighur. Selain itu mendesak pemerintah untuk mengecam perlakuan keji pemerintah China.

“Rangkaian aksi kali ini di antaranya teatrikal, puisi serta aksi doa bersama untuk saudara kita muslim Uighur,” Terang Saleh.

Sementara itu Ketua KAMMI Daerah Luwu Raya menuturkan, pihaknya mendorong pemerintah Indonesia mengambil sikap tegas terkait persoalan etnis minoritas muslim Uighur di Provinsi Xinjiang, Republik Rakyat Tiongkok.

“Dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia harus mampu memainkan perannya sebagai negara bebas aktif dalam menjamin perdamaian dunia dan isu kemanusiaan, karena ini amanat konstitusi,” Jelas Apdal.

Indonesia bisa mendesak melalui OKI yang merupakan organisasi negara Islam untuk serius mengambil sikap, seperti mengadakan sidang khusus persoalan Uighur.

Sebagai anggota keamanan tidak tetap PPB, Indonesia harus mendorong PPB untuk mendesak pemerintah Republik Rakyat Tiongkok untuk terbuka ke dunia persoalan etnis muslim minoritas Uighur.

Selama ini Tiongkok selalu tertutup terkait ini dan juga akses yang sangat tertutup bagi para aktivis maupun media untuk bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan etnis Uighur, khususnya yang berada dalam kamp konsentrasi yang disebut-sebut Tiongkok sebagai tempat proses deradikalisasi.

“Kami berharap Indonesia tidak hanya mengecam saja, karena setiap orang bisa melakukannya. Kita dorong Indonesia untuk bisa mempelopori terbentuknya tim investigasi untuk melakukan penyelidikan lebih mendalam, supaya kita bisa mendapatkan kepastian dari persoalan ini,” Tegasnya.

Penulis : Rahma

Editor : One

Tinggalkan Balasan