Diduga Melanggar Kode Etik, BAIN HAM RI Lutra Laporkan KPU Lutra Ke DKPP RI

oleh -530 views

KAREBANEWS – Beberapa waktu yang lalu BAIN HAM RI Kabupaten Luwu Utara dan aktifis menyoroti perlakuan khusus KPU Luwu Utara, terkait pemberian kesempatan kedua kepada salah satu balon Bupati untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan, di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Selain dianggap menyimpang dari aturan, KPU Lutra jg dianggap tidak transparan soal surat sakti dari KPU RI yang menjadi acuan KPU Lutra sehingga memberikan kesempatan kedua kepada Muh. Thahar Rum (MTR) untuk pemeriksaan kesehatan.

Berdasarkan hal tersebut sehingga BAIN HAM RI Lutra akhirnya melayangkan laporan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP RI).

Ini diungkapkan Ketua BAIN HAM RI Lutra Faisal Tanjung via WhatssApp, Rabu malam (04/11/20).

“Karena KPU Lutra memberikan kesempatan kedua kepada salah satu balon untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, tanpa perintah KPU RI yang jelas dan nampak di depan publik,” ungkap Faisal.

“Ini dianggap menyimpang dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam PKPU NO. 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan / atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” jelasnya.

Surat tertanggal 30 Oktober 2020, dengan nomor : 005/DPD/BAIN-HAM.RI/2020, perihal : Laporan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Komisioner KPU Luwu Utara ini juga melampirkan alat bukti dan data pendukung, seperti saksi dan kronologi kejadian.

Surat laporan yang dilayangkan BAIN HAM RI Lutra ini diterima oleh Ratna, staf pengaduan DKPP RI via email : bag.pengaduan@dkpp.go.id.

Sebelumnya BAIN HAM RI Lutra telah bersurat ke KPU dan Bawaslu terkait hal ini. Tetapi KPU tidak menanggapi, bahkan Bawaslu menganggap KPU Lutra sudah mengikuti arahan dan petunjuk sesuai surat KPU RI.

(NA)

Tinggalkan Balasan